Vihara Dewi Kwan In

1

Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im Desa Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur – Lebih dari dua setengah abad lalu atau tepatnya sekitar tahun 1747, seorang nelayan menemukan sebuah patungBuddha Bodhisttwa yang dalam posisi setengahnya tenggelam dalam pasir pantai. Patung ini ditemukan di kawasan pantai di sebuah desa yang sekarang ini bernamaDesa Burung Mandi (sekarang masuk dalam administratif Kecamatan Damar, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur).

Penemuan patung tersebut segera menjadi buah bibir dan menyebar keseluruh penjuru. Setelah berita menyebar, orang-orang percaya bahwa itu adalah kehendak Yang Maha Kuasa untuk membantu dan melindungi mereka dari pengaruh roh jahat. Jadi mereka membangun Vihara di sana untuk memenuhi keinginan Yang Maha Kuasa!

Orang-orang menyebutnya Vihara Burung Mandi atau Vihara Kwan Dewi Kwan Im, meskipun sejatinya vihara ini bernama Vihara Buddhayana sebagaimana yang tertulis di pintu gerbang masuk vihara. Kwan Im sendiri bagi yang percaya adalah nama Sang Dewi yang selalu siap membantu orang keluar dari penderitaan yang disebabkan oleh setiap jenis bencana.

Apa yang istimewa dari Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im ini? Selain sebagai tempat peribadatan umat Buddha, vihara ini adalah salah satu bangunan yang sarat akan nilai historis karena sudah berusia lebih dari dua setengah abad.

Pemandangan menarik dan mengagumkan bisa dinikmati dari vihara ini, sebagian wilayah Belitung Timur, khususnya Pantai Burung Mandi bisa disaksikan dari vihara ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s