Terumbu Karang Lepar Pongok

images (21)

Kabupaten Bangka Selatan banyak terdapat terumbu karang yang masih alami sehingga kaya akan berbagai jenis ikan, Kabupaten ini cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati kegiatan wisata bahari seperti selam dan memancing.

Terumbu karang ini berada di peraiaran Kecamatan Lepar Pongok. Lokasi Daerah ini dapat di tempuh sekitar 3 jam perjalanan laut dengan menggunakan kapal motor tradisional rakyat dari pelabuhan Sadai Kecamatan Toboali. Kegiatan inventarisasi potensi ikan karang dan kondisi terumbu karang di perairan laut lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan telah dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Oceanografi-LIPI pada bulan September dan Oktober 2005. Tujuan kegiatan yaitu mendapatkan informasi tentang ikan karang dan habitatnya untuk tujuan pengelolaan dengan sasaran diperolehnya data potensi.

Persentase tutupan karang di Pulau Salman lebih baik jika dibandingkan dengan lokasi lainnya. Dengan kondisi perairan yang jernih dan berarus, sengat memungkinkan untuk karang batu jenis acropora untuk tumbuh subur. Pada perairan Celagen tidak ditemukan Karang jenis acropora sp. Karang dari jenis acropora merupakan karang batu yang sangat sensitive dengan lingkungan. Artinya bila kondisi ini tidak mendukung maka akan sangat cepat mat. Pada perairan Salman , tutupan karang hidup sangat tinggi, Kondisi Seperti Ini cocok untuk dijadikan Dive Site dan tempat wisata kelautan.

Hasil transek dan sensus visual ikan karang terkumpul 308 individu (ekor) sebanyak 114 jenis yang mewakili 20 famili. Ikan Major sebanyak 5 famili, yang diwakili oleh 58 jenis ikan hias yang potensial belum termanfaatkan. Ikan Target (ikan pangan) sebanyak 14 famili yang diwakili sebanyak 51 jenis beberapa famili yang menonjol yaitu, Caesionidae (ekor kuning) sebanyak 3 jenis yang didominasi oleh caesio teres. Ikan kerapu (serranidae) sebanyak 6 jenis. Kelompok ikan napoleon (labridae) yang menonjol dan menarik yaitu jenis napoleon yang di lindungi oleh jenis cheilinus undulates berada di perairan Pongok sebanyak 2 ekor yang perlu mendapat perhatian khusus. Ikan lencam sebanyak 3 jenis. Ikan Kakap (lutjanidae) sebanyak 97 ekor yang diwakili 5 jenis, ikan bibir tebal ( Haemulidae) sebanyak 3 jenis. Ikan beronang (Siganidae) sebanyak 6 jenis Sedangkan ikan indicator (Chaetodontidae) sebanyak 75 ekor yang diwakili oleh 5 jenis yaitu Chaetodon barronessa, C,kleini, C.Octofasciatus, C.rostratus. C.chysozonus. Hasil perhitung kepadatan ikan karang di perairan pongok sebanyak 0,15 ekor/m² atau 1.500 ekor/ha cukup tinggi. Kakap merah (500 ekor/ha). Lencam (55 ekor/ha). Kerapu (125 ekor/ha), ekor kuning (1.125 ekor/ha) , Beronang (215 ekor/ha), Napoeleon (10 ekor/ha), Bibir Tebal (70 ekor/ha) dan ikan indicator Chaetodontidae (375 ekor/ha).

Perairan laut Lepar Pongok merupakan perairan karang yang cukup bagus dengan persentase tutupan karang yang cukup tinggi dihuni oleh ikan karang yang beranekaragam baik ikan major (ikan hias) , ikan target (ikan pangan) dan ikan indicator, serta kondisi lingkungan yang masih baik dan tersedianya plankton yang melimpah sebagai makanan biota perlu di jaga kelestariannya untuk budidaya laut. Potensi ikan hias perlu dimanfaatkan sebagai komoditi ekspor dengan cara penangkapakan yang ramah lingkungan. Penangkapan ikan napoleon di perairan ini perlu di pertahankan keberadaannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s