Ritual Sikok Selawang

sikok_selawang

Desa Irat, Kecamatan Payung Bangka Selatan sudah mulai ramai dijejali orang-orang dari luar kampung. Karena beberapa jam kemudian, masyarakat menggelar tradisi Sikok Selawang atau istilah orang Toboali tradisi Hikok Helawang.

Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun yang setiap tahun diperingati. Bagi masyarakat desa yang berjarak kurang lebih 80 kilometer dari pusat kota Toboali tersebut, perayaan tradisi Sikok Selawang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil panen padi yang melimpah dan jadi berkah. Selain itu tradisi tersebut perwujudan dari sebuah doa para warga agar dapat diberikan keselamatan dan hasil panen yang melimpah pada tahun berikutnya.

Tradisi yang diperkirakan sudah berlangsung selama satu abad ini, biasanya dilangsungkan setelah masa panen padi selesai.

Perayaan puncak tradisi Hikok Helawang ini ditandai dengan acara ‘nganggung’ atau makan bersama yang di adakan di balai desa Irat. Sebelum acara dimulai dilantunkan bacaan doa-doa Manakib Saman serta pembacaan tahlillan.

Dalam tradisi nganggung ini, tiap rumah di Desa Irat diminta untuk menyumbangkan satu dulang nampan yang sudah diisi makanan sebelumnya dan dibawa ke balai desa untuk dimakan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s