Pulau Burung

images (5)

Terletak di pantai Utara Belitung di lepas pantai desa nelayan Tanjung Binga. Luas pulau kurang lebih 2 hektar, dikelilingi pasir putih dan bebatuan granit yang tersebar di pantai dan laut di sekitar pulau. Sebuah pulau yang layak untuk dijadikan tempat berlama-lama menikmati tenangnya suasana pantai yang jauh dari kebisingan.

Yang unik dari pulau Burong adalah tumpukan batu granit besar di pantai sisi Tenggara yang berbentuk unik menyerupai kepala burung. Menurut masyarakat setempat, nama pulau Burong diambil dari batu tersebut. Burong adalah bahasa Belitung untuk Burung.

Batu berbentuk burong ini menjadi salah satu icon keindahan batu-batu granit di Belitung. Ukuran batu kurang lebih setara dengan bagunan 3 lantai dengan formasi unik. Sepertinya batu ini sempat terbelah dan ada sebagian yang terlihat miring mungkin karena abrasi pantai. Jika anda ke Belitung jangan melewatkan mampir ke pulau Burong untuk berfoto dengan latar belakang batu Burong ini. Hampir setiap pengunjung menyempatkan diri untuk befoto dengan latar belakang batu Burong yang unik ini.

images (6)

Pantai-pantai di sekitar batu berpasir putih halus. Pada saat air laut sedang surut anda bisa berjalan kaki menuju batu Burong. Harap berhati-hati karena di sekitar batu terdapat banyak terumbu karang yang tajam dan sisi bawah batu banyak ditumbuhi kerang teritip yang juga tajam. Perairan di sekitar batu Burong ini juga terdapat banyak binatang laut bulu babi.

Sementara itu di sisi Selatan pulau terdiri atas perairan laut yang jernih dengan dasar laut pasir putih halus yang dangkal. Hampir tidak ditemui binatang laut atau pun karang yang tajam di perairan ini, anda bisa bebas bermain di luat jernih dengaan dasar pasir putih yang halus.

Di pulau burung terdapat beberapa bungalow di bawah pepohonan kelapa yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Bagi anda yang suka berpetualang, berjalan mengelilingi pulau mencari pemandangan dan bentuk unik dari batu-batu granit yang tersebar di sekeliling pulau akan menjadikan pengalaman yang mengesankan untuk menghabiskan waktu di pulau Burong ini.

Jika anda ingin melakukan aktivitas snorkeling, lokasi yang cukup baik untuk snorkeling adalah di sekitar batu granit yang berbetuk kepala burung tadi. Bahkan jika air laut sedang surut anda bisa menemukan ikan nemo hanya beberapa meter dari bibir pantai dengan kedalaman air hanya sebatas paha orang dewasa.

Waktu terbaik untuk ke pulau burung adalah pada saat menjelang sore, terutama jika anda ingin mengambil foto yang bagus dengan latar belakang batu kepala burung yang semakin terkenal itu. Pada sore hari matahari akan jatuh di depan anda dengan batu burung di latar belakang. Perjalanan ke pulau Burong memakan waktu 30 menit dari pantai Tanjung kelayang atau 15 menit dari kampung nelayan tanjung binga. Perjalanan ke pulau Burong biasaya dilakukan dalam satu trip dengan perjalanan ke pulau lengkuas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s