Pantai Teluk Uber

pantai-teluk-uber

Sebagai sebuah Provinsi Kepulauan, Bangka Belitung kaya akan objek wisata bahari, terutama objek wisata pantai. Hal yang wajar untuk provinsi dengan panjang pantai 1.200 km ini. Tanpa menafikan keberadaan objek wisata lainnya, pantai dengan aneka ragam bentuknya telah menjadi andalan dalam hal ihwal pengembangan kepariwisataan di bumi Laskar Pelangi. Parai Tenggiri, Penyusuk, Pasir Padi, Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, ataupun Teluk Bingga telah terkenal dan menjadi tujuan wisata utama wisatawan asing maupun lokal.

bangka-belitung

Salah satu pantai yang ramai dikunjungi adalah pantai Teluk Uber. Seperti pantai-pantai lainnya di sepanjang pantai timur pulau Bangka, Teluk Uber terletak lebih kurang 17 km dari Kota Sungailiat dan memiliki luas 25 Ha, berbentuk teluk yang dibatasi oleh gugusan batu-batuan di sebelah kanan dan kiri. Bebatuan ini mengapit lebih kurang 300 m pasir putih yang empuk dengan riak gelombang yang lembut.

Kekhasan pantai ini adalah bentuknya pantainya yang lebar dan menjorok ke daratan. Karenanya disebut teluk. Belum diketahui pasti, kenapa disebut dengan Uber. Bila melihat asal kata, Uber dalam bahasa Bangka berarti kejar. Penamaan ini bisa jadi untuk menggambarkan gelombang laut yang saling bekejaran. Sebab ketika gelombang masuk ke teluk, ia seakan menyempit, dan berebutan masuk ke daratan. Uber, seperti gelombang yang dauber-uber atau dikejar-kejar.

Pasir pantai putih dan landai, luasnya sekitar lima sampai 10 meter. Lalu memanjang hingga ke sisi dibatasi batuan dan pepohonan hijau. Untuk sampai ke pantai, jalan menurun sejak dari portal masuk. Di dataran landai ini, akan tampak pohon nyiur setinggi belasan meter sebagai peneduh lokasi.

Di Pantai Teluk Uber ini juga sudah berdiri sebuah hotel dengan 10 kamar di sisi kiri portal masuk. Lokasinya berada di dataran tinggi sehingga, bagi pengunjung akan dapat memandang pantai dan lautnya di sela-sela jendela. Selain itu berdiri pula cafeteria yang terletak di sudut kiri dari arah masuk, lokasinya seolah tersembunyi di bawah perbukitan, sedang di sisi kiri depan, tampak perbukitan batu dan pepohonan sebagai batas pantai ini. Di depan, para pengunjung akan melihat kumpulan perahu nelayan yang bersandar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s