Pantai Tanjung Berikat

Untaian pasir putih yang menghampar dan bebatuan disepanjang pantai berlaut biru nan jernih tentu akan menghangatkan pandangan mata kita. Apalagi air laut tersebut jernih hingga tembus kedasarnya. Sekali-kali tampak pula ikan kecil berenang di antara batu – batu tersebut.

tanjung_berikat_beach

anorama pantai yang indah dan menawan tersebut banyak kita saksikan di sepanjang pulau Bangka. Seperti Pantai Tanjung berikat di Desa Batu Beriga Kabupaten Bangka Tengah – Bangka Belitung. Lokasi yang berjarak sekitar 1-2 km dari desa batu beriga atau 2 jam dari Koba dan 3 jam dari Kota Pangkalpinang, sering menjadi salah satu tempat tujuan wisata.

Desa Batu Beriga mempunyai potensi wisata pantai yang sangat besar untuk dikembangkan. Ditambah dengan adanya upacara adat pantai, yaitu taber laut (sedekah laut) atau rebo kasan bagi orang bangka.

tanjung-berikat

Taber Laut merupakan upaya perwujudan syukur masyarakat yang pada umumnya nelayan atas dilimpahi hasil laut yang didapat dan dan dilaksanakan setiap tahun. Adat tersebut pada dasarnya hampir sama dengan dibeberapa daerah lain di Indonesia.

Saat ini Pantai Tanjung Berikat telah dimasukkan sebagai daerah tujuan wisata Kabupaten Bangka Tengah dan acara adat taber laut juga diagendakan dalam agenda wisata untuk mendukung program “VISIT BABEL ARCHY 2010“.

Rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Berikat Kabupaten Bangka Tengah oleh pemerintah provinsi bakal terwujud. Pelabuhan ini dirancang bertaraf internasional dan diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Bila tidak ada halangan pembangunan fisik pelabuhan Tanjung Berikat akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Hasil studi kelayakan Direktorat Jendral Kelautan Jakarta lokasinya sudah baik, bisa dibangun pelabuhan yang lebih representatif, hanya saja terkendala lahan pelabuhan. Selain langsung berhubungan dengan laut lepas, jarak dengan Jakarta dan China Selatan tidak jauh kalau dilihat dari letak dan posisinya.

Di pelabuhan ini nantinya, bisa bersandar kapal-kapal besar dengan kedalaman paling rendah sembilan meter. Berbeda dengan pelabuhan Pangkalbalam dengan kedalaman sekitar empat meter.

Semoga saja ide untuk menjadikan pantai tanjung berikat sebagai pelabuhan bertaraf internasional dapat segera terwujud karena dengan berdirinya pelabuhan tersebut akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s