Masjid Jamik & Klenteng Kung Fuk Min

masjid_jamik_muntok-01klenteng_fung_fuk_min-02

Masjid Jamik Dan Kelenteng Kung Fuk Min yang saling berdampingan merupakan peninggalan sejarah di muntok yang juga menjadi simbol kerukunan umat serta suku di Bangka. Kedua bangunan terletak di Kampung Tanjung, Kecamatan Muntok, tidak jauh dari pelabuhan lama.
Masjid Jami’ merupakan Masjid pertama di Muntok, didirikan pada periode Kolonial/ 1879 M/1300H oleh Batin Muntok yang dibantu oleh masyarakat setempat, termasuk orang-orang Cina Kaya yang sebagian telah masuk Islam dan Mayor Chung A Thiam. Bangunan bergaya kolonial ii memiliki atap 2 tingkat yang menyerupai atap tumpang seperti pada masjid-masjid kuno di Jawa.
Sebelum Masjid dibangun, Kelenteng telah lebih dulu dibangun oleh orang-orang Cina dari suku Kuantang dan Fu kien yan telah lama menetap di Muntok pada 1820. Kelenteng ini merupakan kelenteng Cina pertama di mentok dari Mayor A Tiom. Kompleks Kelenteng terdiri dari 3 buah bangunan dengan bangunan utama berada di tengah. Bangunan utama memiliki atap berbentuk pelana (saddleback-roof). Komponen lain dari bangunan adalah gapura utama, pagar keliling, halaman, pagoda dan arca Singa. Kelenteng ini pernah direnovasi pada Februari 1977.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s