Getas

getas

Kepulauan Bangka Belitungmemang terkenal denganwisata pantainya yang begitu eksotis. Namun disamping itu, provinsi yang baru berdiri pada tahun 2000 ini juga memiliki beragam kuliner yang sangat menggiurkan. Rasa yang begitu khas dari daerah ini tak mungkin terlupa begitu saja ketika Anda mencicipinya. Sama halnya seperti kemplang, keritek ini juga masih berbahan dasar dari hasil laut. Yang paling sering dijadikan keritek ini adalah ikan tenggiri yang masih segar tentunya. Karena itu rasa keritek ini enak dan gurih. Sangat cocok dijadikan teman makan nasi, ataupun dimakan biasa juga tetap nikmat. Biasanya keritek ini dijadikan oleh-oleh bagi yang akan bepergian keluar Bangka atau oleh-olehyang habis berlibur dari Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk jenis makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai diseluruh Kepulauan Bangka Belitung. Makanan ringan yang satu ini sudah tersebar ke seluruh kecamatan di seluruh Kepulauan Bangka Belitung. Siapa yang tidak kenal dengan rasa keritek yang begitu nikmat ini. Industri pembuatan keritek ini masih tergolong dalam industri rumah tangga yang sebagian besar didominasi oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Namun yang paling terkenal adalah keritek dari Kecamatan Belinyu. Masyarakat Belinyu memanggilnya dengan sebutanKeletek. Kecamatan Belinyu memang terkenal dengan kulinernya dengan rasa yang khas dari Belinyu. Namun disamping itu tidak hanya di Belinyu saja,Sungailiat, Merawang, Pangkalpinang, dan kota-kota lainnya juga banyak yang membuat penganan ringan khas Bangka ini. Soal rasa yah tergantung kita sendiri menilainya, enak yang buatan mana. Yang pasti kita bangga dengan penganan khas Bangka yang satu ini.

399948_221320667949526_100002147836296_502981_340651303_nKeritek termasuk kedalam makanan selingan atau dapat juga sebagai lauk pauk sama seperti kemplang. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan dan tepung tapioka. Ikan yang paling sering dijadikan keritek ini adalah ikan tenggiri. Ikan yang sudah digiling/dihaluskan dicampur dengan sedikit demi sedikit tepung tapioka dan beberapa bumbu lainnya hingga adonan pas serta siap untuk dibentuk lenjeran sebesar ibu jari atau berbentuk lenjeran kecil (Kira-kira berdiameter antara 1-2 cm). Kemudian lenjeran tersebut dipotong kecil-kecil dan langsung digoreng kedalam minyak panas. Tunggu hingga matang dan berwarna sedikit keemasan, tiriskan dan siap untuk disajikan dan disantap.

Sumber: http://www.platbn.com/2012/01/keritekkerupuk-getas-makanan-ringan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s